Selasa, 15 Januari 2013

Transportasi di Kuantan

Kuantan terhubung ke Kuala Lumpur melalui Expressway Pantai Timur dan Expressway Karak. Kuantan kini lebih mudah diakses oleh transportasi jalan dari sebelumnya, terutama karena pembukaan Expressway Pantai Timur. Expressway Pantai Timur juga menghubungkan Kuantan ke kota-kota besar lainnya di Pahang. Dua lainnya yang penting pantai timur kota: Kota Bharu dan Kuala Terengganu terhubung melalui jalan trunk pesisir.

Jalan pantai yang indah yang berjalan melalui Mersing, Kuala Rompin dan Pekan juga link Kuantan ke Johor Bahru dan Singapura. Rute ini angin melalui hutan hijau dan kota-kota pesisir kecil, dan hamparan pantai yang tenang dan indah di Rompin ACLS. Atau, Tun Razak Highway 12 yang berjalan dari kota Segamat, Johor untuk gambang dan melanjutkan ke Gambang-Kuantan Highway 2 juga menghubungkan dengan Kuantan Johor Bahru.

Bypass Kuantan adalah jalan raya yang membentang dari Kuantan Port ke Kuantan Bandara. Interchange tersedia di Bandar Indera Mahkota, Bandar Damansara Kuantan, East Coast ExpresswayE8, Jerangau Highway14, Semambu dan jalan-jalan utama.

Atau, bus ekspres ke Kuantan juga berangkat dari Kuala Lumpur. Tiket untuk bus ini tersedia dari Pudu Raya Stasiun Bis atau Stasiun Titiwangsa Bus di Kuala Lumpur. Ini bus Ekspres akan berhenti di Stasiun Bus Terminal Makmur. Ada juga layanan bus lokal yang ditempatkan di stasiun bus lokal di Jalan Besar sebelah Sungai Kuantan. Ini stasiun bus menyediakan layanan bus ke Cherating, Pekan, Jengka dan tujuan terdekat.

Sultan Haji Ahmad Shah Airport terletak 15 km dari kota Kuantan. Ini adalah satu-satunya bandara di Pahang Negara yang dikendalikan oleh Malaysia Airport Bhd Saat ini, ada dua maskapai penerbangan yang terbang ke Kuantan, yakni, Malaysia Airline System (MAS), Firefly. Firefly telah dijadwalkan penerbangan langsung ke Singapura. Ini adalah rencana jauh lebih dapat dipercaya dibandingkan dengan satu AirAsia karena Firefly telah menyelesaikan penerbangan dari Singapura ke Bandara Subang terletak di jarak miniatur dari Kuala Lumpur.

Saat ini, pesawat dari Kuantan terbang hanya ke bandara Changi KLIA dan Singapura. Penerbangan musiman ke Taipei yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan China.

Landasan pacu yang sama juga digunakan oleh Angkatan Udara Diraja Malaysia, yang mengoperasikan MIG-29s dari pangkalan Royal Air terdekat Kuantan Angkatan Malaysia.

Kuantan Port adalah port multiguna melayani Kuantan dan wilayah pantai timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar